Rabu, 12 April 2017

Lompat Harimau

Manfaat dan Cara Melakukan Lompat Harimau dengan Mudah dan Benar

melatih gerakkan lompat harimau
Cara Melakukan Lompat Harimau  – Olahraga merupakan suatu kegiatan atau bentuk aktivitas fisik kita yang bisa dikatakan terencana dan juga terstruktur karena kita melibatkan gerakan tubuh yang terus berulang-ulang yang berguna untuk meningkatkan kebugaran jasmani.
manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani
kuponka.cz
Kesehatan olahraga merupakan upaya untuk mendapatkan kesehatan yang memanfaatkan olahraga sebagai gerakkan untuk meningkatkan kesehatan.
Olahraga adalah kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari, hal ini  dikarenakan dengan olahraga kita dapat meningkatkan kebugaran yang kita perlukan. Olahraga dapat di lakukan sejak usia muda hingga usia lanjut serta bisa dilakukan setiap hari selama itu dalam waktu yang tidak berlebihan.
Dengan kemajuan di bidang teknologi ini memberi kemudahan pada setiap kegiatan yang menyebabkan seseorang menjadi kurang bergerak, seperti halnya dengan penggunaan remote kontrol, lift, komputer dan eskalator, tanpa kita imbangi dengan bergerak maka dapat menimbulkan penyakit.
Bagi orang yang  duduk terus-menerus serta kurang gerak ditambah dengan aktifitas yang tidak baik, seperti merokok, pola makan yang tidak sehat sangat dianjurkan untuk berolahraga.
Olahraga sendiri sudah menjadi kebiasaan hidup dari sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama para petani yang setiap hari ke kebun.
gerakkan harimau sedang melompat
behance.net
Salah satu gerakkan olah raga yang bagus untuk kesehatan dan juga bagus untuk pembentukan otot adalah terdapat dalam gerakkan senam lantai, yaitu pada gerakkan lompat harimau,
Lompat harimau adalah salah satu dari sekian banyak gerakan dalam senam lantai. Teknik lompat harimau atau tiger sprong hampir sama dengan gerakan guling depan, hanya saja pada tiger sprong ini menggunakan tolakan menggunakan kedua kaki.
Dengan sikap kedua tangan lurus kedepan saat melayang dan mendarat dengan kedua tangan, mengguling ke arah depan dan dengan sikap akhir jongkok.

Cara Melakukan Lompat Harimau

melatih gerakkan lompat harimau
olahragakesehatanjasmani.com
Untuk bisa melakukan lompat harimau kita membutuhkan waktu, keberanian dan keyakinan. Jika tidak mempunyai semua itu maka kita tidak akan bias melakukan lompat harimau.
Sebelum melompat kita buat keputusan dulu, jangan sampai ada keraguan karena itu juga bahasa untuk keselamatan diri kita.
Jangan sampai kita melompat dengan keraguan, karena jika ragu maka kita melompat dengan setengah-setengah, jadi ada 2 kemungkinan yaitu kalau tidak berhasil maka kita terluka. Untuk itu penuhi dulu syarat-syaratnya.

Sikap Awal Lompat Harimau

Yang pertama kita harus berdiri tegak, kedua tangan kita berada lurus di samping, pandangan lurus kedepan dan buang rasa keraguan, kita harus berani.

Sikap Melayang Lompat Harimau

Gerakan awal lompat harimau dengan jongkok kemudian melakukan loncatan kedepan atas dengan tolakan menggunakan kedua kaki kita, kemudian saat kita melayang kedua lengan harus lurus kedepan.
Saat kedua tangan menyentuh tanah, kepala menunduk dilipat kedalam, sehingga bahu kita dan juga tengkuk menyentuh matras, setelah itu dilanjut dengan mengguling ke depan dengan tangan lurus.

Latihan Dasar Lompat Harimau

Pertama kita memulai dengan sikap jongkok, kemudian kedua kaki kita rapatkan, dan tumit diangkat, setelah itu kedua tangan dengan siku kita di bengkokkan ke arah depan badan dan kedua telapak tangan serta pandangan kita menghadap ke depan.
Dibarengi dengan menolakkan kedua kaki kita, lompatlah ke atas depan dengan sikap gerakkan kedua tangan lurus kedepan sampai badan melayang di udara.
Pada saat telapak tangan kita menyentuh matras, lipatkan kepala dan tengkuk kita kedalam, kemudian dilanjutkan dengan gerakan roll depan dengan sikap akhir jongkok.
Kita bisa melakukan latihan di halaman atau di aula dengan menggunakan matras. Semakin sering kita melakukan latihan maka kita akan cepat untuk bisa.

Manfaat Gerakan Lompat Harimau

Lompat harimau termasuk salah satu olahraga yang gerakkannya membutuhkan keberanian dalam senam lantai yang sangat bagus untuk kesehatan, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari gerakan yang satu ini, berikut ini adalah manfaat senam lantai lompat harimau:

Membuat Tubuh Lebih Sehat

tubuh lebih sehat dengan olahraga
abiummi.com
Sama halnya dengan olahraga yang lainnya, lompat harimau ini juga bisa membuat tubuh kita lebih bugar.
Itu artinya kita bisa melakukan aktifitas harian seperti bekerja, sekolah, mengajar dan yang lainnya dengan baik jika tubuh kita bugar dan tentu saja itu dibarengi dengan sehat, sangat baik untuk kita coba olahraga yang sederhana ini.

Memperbaiki Bentuk Tubuh

hidup tidak sehat badan bungkuk
noobtip.com
Jika kita kurang percaya diri dengan bentuk badan kita akibat pola hidup kita yang tidak sehat, misalnya badan kita bungkuk, kita bisa memperbaikinya dengan gerakan lompat harimau.
Selain itu juga kita akan mendapatkan tangan yang bagus karena dalam gerakan lompat harimau kita juga menggunakan kedua tangan untuk menahan tubuh kita selepas melayang di udara.

Melangsingkan Tubuh

diet sehat dengan olahraga
gq.com
Dari pada kita melakukan diet yang tidak sehat untuk mendapatkan tubuh yang langsing, cobalah berolahraga dengan rutin, salah satunya dengan mencoba gerakkan lompat harimau dalam senam lantai.
Gerakkan itu sangat bagus untuk membakar lemak kita, lakukakanlah secara rutin bila perlu buatlah jadwal latihan olahragamu.

Melenturkan Tubuh

Mempunyai tubuh yang kaku sangatlah tidak bagus, karena dari situlah banyak penyakit yang timbul seperti asam urat, sakit pinggang dan juga mudah keseleo.
Untuk kita bisa melatihnya agar tidak kaku salah satunya dengan gerakkan lompat harimau, tidak usah melompat terlalu tinggi dan untuk pemula sebaiknya lakukan roll depan dan roll belakang terlebih dulu agar tubuh kita merespon terlebih dulu.

Mengembangkan Otot

mengembangkan otot dengan lompat harimau
programfitnes.com
Manfaat yang satu ini sering sekali di cari oleh pria dewasa, yaitu ingin mempunyai otot yang kekar. Maka dari itu melakukan gerakkan lompat harimau sangat bagus bagi orang-orang yang ingin mendapatkan otot yang kekar.
Lakukan secara rutin agar otot kita terbentuk dengan bagus.
Demikian tadi kita sudah membahas secara lengkap cara melakukan lompat harimau beserta manfaatnya, semoga kita bisa menjadi orang yang istiqomah berolahraga karena olahraga adalah perantara kita di berikan kesehatan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baseball

Baseball Lapangan Baseball atau Softball memiliki bentuk ¼ lingkaran. Setiap tim baik defensiv ataupun offensiv-tim dalam permainan...