Rabu, 12 April 2017

Cara Melakukan Salto Belakang dengan Mudah dan Aman

Inilah Cara Melakukan Salto Belakang dengan Mudah dan Aman

lakukan salto belakang terbaikmu

Cara Salto Belakang – Pada kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara salto belakang. Memang akan sedikit kesulitan untuk melakukan salto belakang, akan tetapi jika kita ada kemauan dan mencobanya agar bisa, maka kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan.
cara mudah belajar salto
masyadi.com
Disini nanti kita akan memberikan tips trik dan juga teknik salto belakang. Kenapa kita harus belajar salto? karena salto ini akan sangat bermanfaat bagi kita, jika kita nanti ingin ikut beladiri maka nantinya kita enak saat ada materi salto, setiap beladiri pasti di ajarkan salto.
Selain itu juga jika kamu ingin ikut dengan komunitas-komunitas tricking atau parkour, kamu harus menguasai dasarannya dulu, apa itu dasarannya? yaitu gerakkan salto. Untuk itulah kita disini akan mempelajari gerakan salto.
Perhatikan baik-baik penjelesan kita mengenai cara belajar gerakan salto kebelakang dibawah ini:
cara mudah melakukan salto belakang
yosepjhon.blogspot.com

Persiapan sebelum Salto

Yang perlu kita siapkan pertama kali adalah kemauan, kemudian keberanian. Sebelum kita melakukan salto ke belakang yang perlu kita lakukan terlebih dulu adalah:
  • Menurunkan tubuh dengan melakukan olahraga secara rutin
  • Mengurangi makanan berlemak
  • Melatih otot tangan dengan cara push-up, bisa juga dengan melakukan olahraga tangan yang lainnya
  • Melatih otot perut dengan melakukan sit-up, back-up dan juga olahraga lain yang sasaran gerakannya perut
  • Melatih otot betis dengan berlari agar supaya memudahkan melompat nantinya
  • Melenturkan otot pinggang dengan cara senam lantai kayang
  • Melakukan latihan lompatan terhadap kaki yang kuat agar saat salto nanti dapat secara reflek tertekuk ke belakang.
  • Kemudian yang terakhir adalah dengan cara membayangkan bagaimanan cara pandang serta gerak tubuh seakan-akan sedang melakukan salto ke belakang.
melatih kekuatan otot tangan dengan push up
healthline.com
Hal tersebut harus kita lakukan agar memudahkan kita dalam belajar dan juga kuat saat salto karena telah melatih kekuatan otot tubuh dan kamu dapat melakukan salto belakang terbaikmu.
Selain itu juga mengurangi resiko cedera karena kebanyakan orang salto belakang tanpa adanya persiapan yang matang sehingga mengalami cedera. Hal ini tentu tidak ingin terjadi pada kita.

Langkah-langkah Salto

Jika kita sudah siap melakukan persiapan seperti yang sudah kita bahas tadi, maka kita sudah siap mencobanya di kolam renang dengan melakukan prosedur berikut ini:
jika belum siap salto menggunakan tangan
id.wikihow.com
  • Berdoa semoga di beri kelancaran
  • Percaya diri jika kita mampu melakukan salto ke belakang, karena percaya diri ini sangat penting.
  • Mengambil posisi berdiri setengah jongkok, kemudian melompat kebelakang setinggi mungkin, posisi di udara seperti saat melakukan kayang.
  • Saat di udara juga kepala kita menghadap ke arah belakang, selanjutnya kita tarik kaki kedepan
  • Usahakan saat kita melompat dengan secepat mungkin dan jangan ragu-ragu agar mendarat dengan menggunakan telapak kaki dapat di mungkinkan
Kita harus melakukan penyempurnaan gerakan kita di air terlebih dulu sebelum kita mencobanya di alas yang kering atau bahkan di aspal.
matras latihan salto
matras-murah.blogspot.com
Selain itu juga mintalah bantuan kepada teman kita untuk mengamati gerakan salto kita, dan apabila sudah kita lakukan dengan sempurna maka kita sudah bisa langsung melakukannya di matras/alas empuk, yang penting jangan di aspal (berbahaya).
Pada dasarnya untuk melakukan salto belakang di tanah sama saja dengan melakukan salto di air, akan tetapi lompatan kita harus lebih tinggi, tapi jika kita belum terlalu siap untuk salto tanpa menggunakan tangan, kamu bisa salto menggunakan dengan tangan terlebih dahulu.
Untuk salto menggunakan tangan ini caranya sangat mudah, ingatkan pembahasan kita mengenai kayang diatas? Nah caranya seperti itu!
Saat kita melakukan kayang di udara, kita menyentuhkan tangan di tanah, sehingga kita akan mudah untuk mengangkat kaki ke belakang, kemudian kita langsung melontarkan kaki kita ke depan. Jadi seperti itulah fungsinya tangan dalam salto.

Manfaat salto

salto untuk tricking
fais-spesial-hiburan.blogspot.com
Manfaat salto ada banyak lho, gak percaya? jadi manfaat salto selain bagus untuk punggung karena gerakannya seperti kayang, jadi yang sering mengalami sakit punggung cobalah untuk melakukan salto atau kayang.
Selain itu Salto untuk saat ini sangat penting, karena jika kamu mengikuti kegiatan beladari, entah itu Pencak Silat, Karate, Tae Kwon Do, dan yang lainnya, kamu akan di wajibkan untuk menguasai gerakan yang satu ini.
Apa lagi jika kamu ingin belajar tricking, kamu harus menguasai ini, karena hampir setiap gerakkan tricking menggunakan gerakan salto yang lebih rumit lagi, berbeda dengan salto yang biasanya.
penggunaan salto beladiri
apcab.wordpress.com
Jika kamu seorang pesepak bola, kamu juga harus bisa salto, hal itu berfungsi saat ada bola di atasmu yang sangat ideal untuk dieksekusi dengan menggunakan tendangan salto. Makan nanti jika terjadi gol selain menambah angka akan mempunyai kesan tersendiri.
Setelah melakukan gol ada saatnya lagi melakukan salto, yaitu saat selebrasi gol kita. Pemain-pemain luar negeri sering sekali melakukan gerakan salto, seperti Ibrahimmovic, Pepe, Higuain, Santi Cazorla dan masih banyak lagi.
Jadi itu pentingnya bisa melakukan gerakan salto selain kita mendapatkan kesehatan, kita juga bisa menggunakannya di dalam olahraga lain yang tentunya akan sangat mendukung perkembangan diri untuk lebih baik lagi.
Cukup sekian pembahasan kita mengenai cara melakukan salto belakang dengan mudah, kamu juga bisa membaca artikel saya mengenai cara melakukan lompat harimau. Jangan bosan-bosan belajar dan latihan salto belakang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baseball

Baseball Lapangan Baseball atau Softball memiliki bentuk ¼ lingkaran. Setiap tim baik defensiv ataupun offensiv-tim dalam permainan...