Rabu, 12 April 2017

KOMPONEN KEBUGARAN JASMANI DAN LATIHANNYA

Komponen Kebugaran Jasmani dan Latihannya

komponen kebugaran dan jasmani

Komponen Kebugaran Jasmani – Pada pertemuan kali ini kita akan melanjutkan materi mengenai Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang bertemakan mengenai Komponen Kebugaran Jasmani.
komponen kebugaran jasmani
competitor.com
Pada kesempatan ini GoPena akan mencoba untuk menjelaskan materi Komponen Kebugaran Jasmani secara singkat pada dan mudah untuk dimengerti.
Pada artikel ini kita akan menjelaskan mengenai pengertian singkat dan gerakan-gerakan latihan yang serig digunakan di setiap jenis komponen kebugaran jasmani. Simak penjelasannya di bawah ini:

Gerakan Latihan Komponen Kebugaran Jasmani

A. Komponen Kebugaran Jasmani (Kecepatan)

kecepatan dalam kebugaran jasmani
mp3vibe.tk
Kecepatan merupakan kemampuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan waktu yang sangat singkat.
Kecepatan mempunyai sifat lokomotor dan gerakannya bersifat siklik, yang artinya bahwa satu jenis gerak yang dilakukan berulang-ulang misal seperti berlari atau kecepatan gerak bagian tubuh seperti halnya pukulan.
Aspek dari kecepatan di dalam kesegaran jasmani sangat penting. Pemain harus bisa bergerak dengan cepat agar dapat menutup setiap sudut-sudut lapangan sambil berusaha untuk menjangkau sesuatu dengan cepat. Demikian juga, dengan aktivitas kita sehari-hari harus kita lakukan dengan cepat serta tepat.
Cara untuk untuk melakukan gerakan cepat yaitu dengan melatih kecepatan beberapa anggota tubuh yang mendominasi setiap gerakan.
Aspek dari kecepatan di dalam kesegaran jasmani bisa bermakna seseorang harus cekatan di dalam mengubah suatu arah gerak dengan tiba-tiba, tanpa harus kehilangan momen keseimbangan pada tubuh (agilitas). Bentuk-bentuk latihan, diantaranya sebagai berikut:
  1. Lari cepat dengan jarak dekat.
  2. Lari bolak-balik, jarak enam sampai tujuh meter (shuttle run)
  3. Tingkatkan kualitas dalam latihan dengan cara menggunakan beban dan rintangan.
  4. Jongkok-berdiri, lalu lari cepat jarak dekat.

B. Komponen Kebugaran Jasmani (Kelincahan)

kelincahan dalam komponen jasmani
eblo.co.id
Kelincahan (agility) merupakan kemampuan seseorang untuk mengubah arah ataupun posisi tubuh dengan cepat dan dilakukan secara tiba-tiba. Bagi pelajar sekaligus masyarakat, kelincahan adalah komponen kebugaran jasmani yang wajib untuk dimiliki. Kelincahan bagi pelajar sudah menjadi ciri khas dalam bertindak.
Kemudian, kelincahan bisa diprioritaskan di dalam latihan bagi masyarakat untuk melatih kebugaran jasmani mereka. Kelincahan ataupun agility bisa kita kembangkan melalui kegiatan berlari dan gerakan-gerakan lain yang mempunyai nilai aerobik.
Biasanya orango-orang menyukai latihan lari selama 40–60 menit dan dengan kecepatan yang bervariasi. Tujuan dari latihan ini untuk meningkatkan kemampuan daya tahan aerobik serta daya tahan otot.
Maksudnya, pelaku akan dipacu untuk berlari serta bergerak dalam waktu yang lama dan tidak mengalami kelelahan yang berarti. Selanjutnya, dalam proses latihan lari ini akan ditingkatkan kualitas dari frekuensi, intensitas, serta kecepatan, yang dapat berpengaruh akan terjadinya suatu proses anaerobik (stamina) seseorang.
Artinya, orang tersebut mampu untuk bergerak cepat dengan tempo yang cukup lama dengan gerakan yang konsisten dan harmonis.

C. Komponen Kebugaran Jasmani (Kekuatan)

kekuatan kebugaran jasmani
madestrength.com
Kekuatan atau bisa kita sebut dengan strength adalah kemampuan yang dikeluarkan otot untuk menahan suatu beban. Kekuatan otot merupakan daya penggerak di dalam setiap aktivitas kita, mengurangi risiko terjadinya cedera, menunjang efisiensi kerja, serta memperkuat stabilitas persendian.
Ada beberapa bentuk latihan kekuatan otot berupa angkat beban, diantaranya sebagai berikut:
Press
Cara melakukan: Beban di dada, kemudian kita dorong ke atas sehingga lengan akan lurus, kemudian mengembalikan lagi beban ke dada. Selanjutnya kedua kaki segaris dan sedikit terbuka kira-kira selebar bahu. Kedua tangan kita memegang tiang barbel selebar bahu.
High pull/Upright Rowing
Cara melakukan: Berdiri tegak, kemudian beban pada paha kita pegang menggunakan telapak tangan menghadap ke dalam. Lalu Angkat sikut setinggi mungkin sehingga nantinya tiang besi berada kira-kira dekat bahu.
Curl
Cara melakukan: Berdiri tegak, kemudian lengan lurus ke bawah, lalu sikut di samping badan, dan beban dipegang menggunakan telapak tangan yang menghadap ke depan. Kemudian bengkokkan lengan pada siku dan siku tetap di samping badan.

D. Komponen Kebugaran Jasmani (Daya Tahan)

daya tahan jasmani
madujuara.com
Daya tahan atau bisa kita sebut dengan endurance adalah kemampuan kerja otot dalam waktu yang cukup lama. Pada latihan daya tahan, akan terjadi pengembangan dan juga peningkatan stabilitas jantung dan paru-paru. Akan terdapat dua unsur daya tahan yang harus kita tingkatkan, yaitu:
Daya tahan otot
Daya tahan otot atau muscular endurance adalah kemampuan otot di dalam melakukan latihan dalam jangka waktu tertentu yang relatif cukup lama. Latihan dari daya tahan otot sangat berkaitan dengan kekuatan, kecepatan gerak, dan juga tenaga.
Bentuk dari latihan untuk meningkatkan suatu daya tahan otot antara lain seperti, half squat, push up, serta sit up. Perbedaan diantara ketiga bentuk latihan tadi terletak pada bagian tubuh yang akan kita latih. Squat adalah bentuk latihan yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan otot tungkai.
Lalu, push up berfungsi untuk meningkatkan daya tahan otot lengan. Dan yang terakhir, Sit up sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan otot bagian perut.
Daya tahan jantung dan paru-paru
Daya tahan jantung serta paru-paru atau general endurance bisa kita tingkatkan lagi melalui latihan yang berlangsung dengan jarak yang jauh dan dengan waktu yang cukup lama.
Misalnya seperti naik ke puncak gunung, kemudian intas alam (cross country), dan renang jarak jauh (long swimming), serta lari jarak jauh (long running).

E. Komponen Kebugaran Jasmani (Kelenturan)

kelenturan jasmani
ipapedia.com
Kelentukan atau sering kita sebut dengan flexibility berhubungan dengan keberadaan suatu ruang gerak persendian dan elastisitas dari otot yang lebih luas. Kelentukan merupakan kemampuan untuk menggerakkan persendian serta otot pada seluruh dengan ruang geraknya.
Manfaatnya yaitu, mengurangi segala kemungkinan terjadinya cedera di bagian persendian serta otot saat melakukan latihan, selain itu juga dapat menunjang efisiensi dari gerak tubuh, dan dapat memperbaiki komposisi tubuh. Gerakan latihan tersebut sangat berkaitan dengan pengembangan postur tubuh kita, sebagai berikut:
  1. Peregangan statis atau static stretching
  2. Membungkukkan badan, kemudian kedua telapak tangan kita menyentuh tanah.
  3. Membungkukkan badan dengan kedua lengan kita lurus ke depan
  4. Peregangan dinamis atau dynamic stretching
  5. Melentingkan badan kita ke belakang
  6. Memutar pinggang
  7. Memutar kedua lengan kita
Demikian tadi pembahasan kita mengenai komponen kebugaran jasmani. Disini kami tidak pernah lupa untuk menghimbau kepada sobat sekalian jika ada dari penjelasan di atas suatu kesalahan, mohon untul kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan kita bersama. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baseball

Baseball Lapangan Baseball atau Softball memiliki bentuk ¼ lingkaran. Setiap tim baik defensiv ataupun offensiv-tim dalam permainan...